Program 8 Pilar (SMA)

Akhlakul Karimah

Akhlakul Karimah merupakan program yang mengajarkan peserta didik untuk memiliki sikap dan karakter terpuji yang sesuai dengan ajaran agama islam dan tentunya dapat menerapkan perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari

Program-program Akhlakul Karimah adalah :

  • Mentoring

Bertujuan agar peserta didik mampu memahami dan menerapkan ilmu ketaqwaan kepada Allah.

Hasilnya peserta didik mampu meningkatkan ke-Esaan kepada Allah, melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya serta dapat menerapkan perilaku atau sikap yang sesuai dengan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari.

  • Shalat Fardhu dan Sunnah

Bertujuan agar peserta didik terbiasa melaksanakan shalat fardhu 5 waktu secara berjama’ah, menjadi imam shalat di sekolah dan melaksanakan shalat sunnah (dhuha) dengan mandiri.

Hasilnya peserta didik terbiasa melakukan shalat fardhu dan sunnah dengan kesadarannya sendiri.

  • Dzikir

Bertujuan agar peserta didik terbiasa dzikir sebelum dan sesudah shalat, terbiasa membaca Al-Ma’tsurat di waktu pagi dan sore hari.

Hasilnya peserta didik terbiasa membaca dzikir.

  • Kata Magic

Bertujuan agar peserta didik terbiasa menggunakan kata (maaf, terima kasih, tolong dan permisi) dalam aktivitas sehari-hari.

Hasilnya peserta didik terbiasa menggunakan kata-kata magic tersebut baik di lingkungan sekolah maupun rumah.

  • Bersedekah

Bertujuan agar peserta didik terbiasa menyisihkan uang atau nonmaterial untuk membantu sesama yang sedang mengalami musibah atau bencana alam.

Hasilnya peserta didik mampu berempati terhadap sesama.

  • Aktivitas Kebersihan Sehari-hari

Bertujuan agar peserta didik dapat memahami dan mempraktekkan secara langsung bahwa kebersihan itu sebagian dari iman.

Hasilnya peserta didik dapat menjaga kebersihan dan kerapihan saat berada di kelas, di rumah atau di lingkungan sekitaR

Tahfidz Qur’an

Program ini mengajarkan tahsin dan tahfidz yang bertujuan agar peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil (membaca Al-Qur’an secara perlahan dengan tajwid dan makhraj yang jelas dan benar).

Program-program  Tahfidz Qur’an adalah :

  • Membaca Iqra’ dan Al-Qur’an

Bertujuan agar peserta didik memahami bahwa membaca dan mempelajari Iqra dan Al-Qur’an adalah wajib untuk setiap muslim. Hasilnya peserta didik terbiasa membaca Iqra’ dan Al-Qur’an dengan tajwid dan makhraj yang benar dan jelas.

  • Hafalan Surat Pendek (Juz 30& Juz 29)

Bertujuan agar peserta didik dapat menghafal surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.Hasilnya peserta didik menggunakan hafalan surat pendek tersebut untuk dibaca saat shalat.

  • Hafalan surat Pilihan

Bertujuan agar peserta didik mampu menghafal surat-surat pilihan dalam Al-Qur’an. Hasilnya peserta didik mampu menghafal surat Yasiin, Al-Mulk dn Al-Kahfi.

Kognitif

Kognitif merupakan Program mengacu pada semua aktifitas yang berkaitan dengan berfikir, memahami dan mengingat.

Program Kognitif adalah :

  • Bahasa Indonesia

Bertujuan agar peserta didik dapat meningkatkan pemahaman, kemampuan memahami kata tanya dan menjawab pertanyaan serta menceritakan dan merangkum kembali isi cerita.

Hasilnya peserta didik mampu memahami isi cerita, menjawab pertanyaan kompleks baik secara lisan atau tulisan serta dapat menceritakan kembali dan merangkum cerita.

  • Matematika Dasar

Bertujuan untuk memahami konsep penjumlahan, pengurangan, dan perkalian baik dalam hitung bersusun atau dalam bentuk cerita.

Bertujuan untuk mengenal nilai mata uang dan memahami aritmatika sosial.

Hasilnya pesrta didik mampu memahami konsep berhitung matematika dasar baik dalam hitung bersusun atau dalam bentuk cerita.

Hasilnya peserta didik mampu mengenal uang dan mampu memahami aritmatika sosial dalam prakteknya.

  • Ilmu Pengetahuan Alam

Bertujuan untuk dapat mengenalkan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat serta mengenalkan sampah organik dan anorganik.

Hasilnya peserta didik mampu memahami lingkungan yang sehat dan tidak sehat serta memahami sampah organik dan anorganik.

Kepemimpinan

Kepimpinan merupakan program yang mengajarkan peserta didik untuk dapat memiliki sikap kepemimpinan sedini mungkin dan melatih kebiasaan-kebiasaan baik yang kemudian membentuk karakter sebagai seorang pemimpin.

Program Kepemimpinan adalah :

  • Upacara

Bertujuan untuk menumbuhkan sikap disiplin, kepemimpinan, keberanian dan nasionalisme.

Hasilnya peserta didik terbiasa untuk disiplin dan berani dalam melakukan hal atau aktivitas sehari-hari dan dapat meningkatkan kerjasama antar peserta didik lainnya.

  • Piket Kelas

Bertujuan agar dapat bertanggung jawab terhadap kebersihan kelas dan lingkungan sekitar kelas.

Hasilnya peserta didik menjadi pribadi yang mandiri dan selalu menjaga kebersihan dan kerapihan kelasnya.

  • Menjadi Pemimpin Do’a / Imam Shalat

Bertujuan agar dapat memahami dan belajar bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan makmum.

Hasilnya peserta didik dapat membaca hafalan surat pendeknya saat menjadi imam dan dapat memimpin orang lain.

  • Outbound

Bertujuan agar dapat mengembangkan kepercayaan diri, keberanian, kepemimpinan dan daya kreativitas.

Hasilnya peserta didik dapat menjadi pribadi yang lebih mandiri, percaya diri, tangguh dan kreatif.

  • Student Camp

Bertujuan agar dapat melatih ketahanan fisik, mengembangkan percaya diri, bersosialisasi dan membiasakan anak bermain dengan alam.

Hasilnya peserta didik menjadi pribadi yang lebih berani dan percaya diri saat berada dilingkungan baru.

Kewirausahaan

Program kewirausahaan merupakan Program yang menunjang kemampuan peserta didik dalam hal kewirausahaan

Program Kewirausahaan adalah :

    • Market Day

    Bertujuan agar dapat meningkatkan keterampilan dan mengaktualisasikannya dalam bentuk nyata dan dapat memasarkan produk yang telah dibuatnya.

    Hasilnya peserta didik dapat memasarkan produknya kepada teman, guru dan lingkungan sekolah.

    • Magang

    Bertujuan agar dapat mengembangkan produktifitas dan kompetensi kerja sesuai minatnya.

    Hasilnya peserta didik menjadi pribadi yang kompeten dibidangnya.

    • Bazar

    Bertujuan agar dapat mengembangkan potensi kewirausahaan dan menumbuhkan kreatif dan inofatif.

    Hasilnya peserta didik dapat menciptakan produk hasil karyanya sendiri dan bersaing di masyarakat luas.

Resiliensi

Program Resiliensi ini merupakan program yang mengajarkan peserta didik untuk dapat beradaptasi dan tetap tangguh dalam situasi sulit.Kemampuan ini terdiri dari regulasi emosi, pengendalian impuls, optimisme, empati, analis penyebab masalah, efikasi diri dan peningkatan aspek positif.

Program Resiliensi adalah :

  • Student Camp

Bertujuan agar lebih mengenal dirinya sendiri, meningkatkan percaya diri dan keberanian saat menghadapi tantangan

Hasilnya peserta didik dapat menjadi pribadi yang mandiri, dapat mengendalikan emosi, berani, percaya diri dan tangguh dalam menghadapi masalah yang dihadapinya.

  • Mabit

Bertujuan agar dapat meningkatkan kualitas ruhiyyah dan memahami arti pentingnya kebesaran dan kekuasaan Allah.

Hasilnya peserta didik dapat meningkatkan kualitas ibadah, seperti shalat 5 waktu, memperkuat hafalan Al-Qur’an dan memiliki motivasi belajar.

  • Outbound

Bertujuan agar dapat menumbuhkan kepercayaan diri, meningkatkan kemandirian dan melatih kemampuan dalam memecahkan masalah.

Hasilnya peserta didik dapat menjadi pribadi yang mandiri, percaya diri dan tangguh saat menghadapi kesulitan.

  • Green Education

Bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang pentingnya pengolahan, pelestarian dan juga meningkatkan kepedulian terhadap alam dan lingkungan.

Hasilnya peserta didik dapat mempraktekkan langsung untuk menjaga alam dan lingkungan, seperti menanam pohon, tidak membuang sampah sembarangan dan pengolahan kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

  • Home Visit

Bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antara peserta didik, orang tua dan guru.

Hasilnya orang tua dan guru dapat bersinergi dan mendukung potensi yang dimiliki oleh peserta didik serta dapat mendiskusikan bersama berbagai informasi baru yang didapatkan guna mencari solusi dari masalah yang dihadapi oleh peserta didik.

Komunikasi & Interaksi Sosial

Program ini menjadikan proses komunikasi dan interaksi pada setiap aktifitas

Program Komunikasi adalah :

  • Outing Class

Bertujuan agar dapat mengembangkan kemampuan dirinya saat berada di luar kelas.

Hasilnya peserta didik dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain yang baru ia temui, serta mengamati secara langsung dan merasakan pengalaman tersendiri saat belajar di luar kelas.

  • Wawancara / Tanya Jawab

Bertujuan agar dapat meningkatkan dan mengembangkan keterampilan dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Hasilnya peserta didik dapat percaya diri, berani, dan tenang saat berbicara dengan orang lain atau saat berbicara di muka umum.

  • Budaya 5 S

Bertujuan agar memiliki karakter melalui budaya Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun.

Hasilnya peserta didik terbiasa untuk Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun saat berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain.

  • Magang

Bertujuan agar mendapatkan ilmu, pengalaman baru dan juga dapat berinteraksi dengan tenaga kerja yang professional.

Hasilnya peserta didik dapat menentukan pilihan ke sector pekerjaan mana yang akan peserta didik pilih setelah menyelesaikan studinya. Peserta didik juga dapat membangun jaringan melalui interaksi sosial saat magang.

  • Bakti Sosial

Bertujuan agar dapat meningkatkan kepekaan social, saling peduli, dan tolong menolong kepada sesama.

Hasilnya peserta didik dapat berempati dengan orang lain, serta belajar berbagi dan bersosialisasi dengan orang lain.

Minat & Bakat

Program ini menjadikan proses komunikasi dan interaksi pada setiap aktifitas

Program Komunikasi adalah :

  • Tata Boga

Bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar memiliki kompetensi dalam mengolah dan menyajikan makanan.

Hasilnya, peserta didik menjadi pribadi yang terampil, mandiri, kreatif dan mengembangkan diri dibidang kuliner.

  • Tata Busana

Bertujuan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar memiliki kompetensi dalam bidang tata busana.

Hasilnya, peserta didik memiliki kemampuan dan keahlian yang terampil dalam membuat pola busana sesuai dengan model atau desain yang diinginkan.

  • Art

Bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar memiliki kompetensi dalam bidang seni.

Hasilnya, peserta didik mampu menghasilkan suatu kreativitas dan dapat mengekspresikan diri melalui karya seni.

  • Media

Bertujuan untuk mengasah kemampuan peserta didik dalam menggunakan media (Komputer dan Fotografi).

Hasilnya peserta didik mampu menggunakan komputer dan kamera untuk menciptakan hasil karya.

  • Musik

Bertujuan mengasah kemampuan serta mengembangkan bakat peserta didik dibidang musik.

Hasilnya peserta didik mampu menguasai teknik dalam bermain musik dan dapat mengekspresikan diri melalui alat musik.

  • Tahfidz

Bertujuan mengasah kemampuan membaca, menghafal dan mengamalkan dan membudayakan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Hasilnya peserta didik mampu menjadi Tahfidzul Qur’an.